Minggu, 07 Agustus 2011

Lagi, Bengkulu Digoyang Gempa Tektonik 5,6 SR

BENGKULU (6/8) - Gempa bumi berkekuatan 5,6 SR kembali mengguncang Bengkulu. Getar gempa tektonik itu terjadi sekitar pukul 09.45 WIB, Sabtu (6/8). Pusat gempa berada dikedalaman 10 KM di bawah permukaan laut. Posisinya 2.95 Lintang Selatan - 100.96 Bujur Timir sekitar 44 KM barat daya Mukomuko.
''Jika kekuatannya dibawah 6 SR, kemungkitan tidak akan ada gempa susulan,'' Staf Teknisi Gofisika Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika Stasiun Pulau Baai Bengkulu, Aby Ranga,A.Md, kemarin. Dikatakan, pemicu terjadinya gempa tektonik karena adanya tumbukan antara Lempeng Indo Australia dengan Lempeng Eurasia yang terus bergeser. Posisi Provinsi Bengkulu khususnya wilayah pesisir pantai berada di lempeng Eurasia. Tumbukan terjadi di laut palung Sumatera yang memanjang dari Aceh sampai Lampung.
"Lempengan Indo Australia ini terus menekan dan mendorong lempengan Erausia yang berada dibawahnya sehingga dalam satu bulan gempa terasa 1 - 4 kali ini diatas 5 SR. Kalau dibawah 5 SR yang tercatat di BMKG dalam sehari 1 - 6 kali gempa,'' ujar Aby. Peringatan tsunami, lanjut Aby, harus ada rekomendasi BMKG daerah yang dikirm ke pusat dan BMKG pusat yang berwenang memutuskannya.
Terjadinya gempa yang terjadi sehari 6 kali itu masih normal. Jika tidak terjadi gempa selama sebulan maka malah rawan bahaya, Sebab terjadi penumpukan energi gempa yang suatu saat bisa meledak dan mengakibatkan gempa berkekuatan besar. "Kalau terjadi dalam sehari 1 - 6 kali itu normal dan terjadi pelepasan energi, tapi jika tidak terjadi gempa itu yang harus kita waspadai sebab ada penumpukan energi," jelasnya.
Untuk ukuran kekuatan gempa meski 5 SR ke bawah bisa berbahaya bagi manusia jika posisi gempa dangkal kurang dari 10 Km dibawah permukaan laut atau berada di bawah tanah, contohnya pernah terjadi di Jawa Barat,ada sebuah desa yang hancur akibat gempa bawah tanah dengan kekuatan 4 SR. Provinsi Bengkulu juga berpotensi terjadi gempa Vulkanik karena ada beberapa gunung berapi yang berada di sepanjang Bukit Barisan seperti Gunung Seblat Kerinci, Gunung Bukit Kaba dan di wilayah Bengkulu Selatan dekat dengan Gunung Dempo yang masih aktif. (and/rsi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar